Sikat & Pasta Gigi dari Masa ke Masa

ImageAmy Syifa – Siapa yang tak tahu dengan sikat dan pasta gigi? Dua benda yang sudah menjadi kebutuhan harian, selalu tersedia dan siap untuk digunakan. Sikat gigi kini muncul dengan berbagai jenis, serta pasta gigi yang hadir dalam berbagai rasa memberikan pilihan beragam bagi penggunanya. Tapi tahukah kita dari mana ia bermula? Yuk simak kutipan berikut yang diambil dari Majalah Adzkia edisi 61.

Sikat Gigi Tradisional

Pada zaman Rasulullah, beliau memberikan teladan kepada umatnya untuk membersihkan gigi dan mulut dengan cara bersiwak menggunakan ranting atau akar kayu arak (Salvadora persica). Kayu arak mengandung zat-zat yang berguna utnuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Cara serupa juga dikenal di India. Sedangkan masyarakat China menggunakan ekor kuda yang diikatkan pada gagang yang terbuat dari tulang sapi. Mirip dengan sikat gigi saat ini.

Sikat Gigi Modern

Sejarah sikat gigi modern diawali oleh penemuan William Addis, seorang narapidana dari Inggris. Pada tahun 1770, Addis membuat sikat gigi menggunakan tulang hewan sisa makanannya. Ia membuat lubang-lubang kecil lalu menempatkan bulu-bulu yang telah diikat dan merekatkannya.

Setelah keluar dari penjara pada tahun 1780, William Addis mendirikan pabrik pembuatan sikat gigi dan menjual produknya secara massal. Sikat gigi buatan Addis ini ternyata digemari masyarakat. Tahun 1840, sikat gigi mulai berkembang luas di Inggris, Prancis, Jerman dan Jepang.

Sementara di Amerika, sikat gigi baru diproduksi massal pada tahun 1885. Sedangkan kebiasaan menyikat gigi setiap hari baru diperkenalkan disana oleh Tentara Amerika setelah Perang Dunia II. Mereka diharuskan untuk menyikat gigi setiap hari.

Karena dianggap tidak higienis, penggunaan tulang dan bulu hewan digantikan dengan bahan sintetis. Perusahaan DuPont dari Amerika memperkenalkan sikat gigi yang terbuat dari nylon dan mulai dijual pada Februari 1938.

Pasta Gigi

Pasta gigi diperkirakan muncul pertama kali di Cina sejak 500 tahun sebelum masehi. Pasta gigi modern baru diperkenalkan pada tahun 1824 oleh seorang dokter gigi bernama Peabody. Pasta gigi ini berbahan dasar sabun. Tahun 1834, John Harris menambahkan kapur dalam campuran pasta gigi.

Perusahaan Colgate adalah perusahaan pertama yang memproduksi pasta gigi secara masal dalam kemasan toples. Tahun 1890-an Dr. Washington Sheffield memproduksi pasta gigi dalam kemasan tabung yang lentur. Colgate menyempurnakannya pada tahun 1896 dengan bentuk tube yang kita kenal sekarang.